Hmmm…Nikmatnya Jamur Asam Siala Pedas

SAYA surprise juga waktu kemarin mengunggah foto masakan olahan jamur resep Umak saya di facebook. Ternyata banyak yang pengen tahu resepnya. Kalau cara membuat jamur crispy sih sudah biasa ya. Saya yang malah surprise waktu coba bikin jamur crispy bermodalkan resep dari internet. Ternyata saya bisa juga masak jamur crispy sendiri. Haha! Selama ini kalau memasak gorengan yang crispy, kriuk-nya selalu ga bertahan lama.

Dari hasil browsing, baru saya tahu kalau menggoreng jamur (atau apapun seperti cumi-cumi, udang, ayam, dll) biar renyah seperti yang banyak dijual itu, harus menggunakan banyak jenis tepung. Tepung terigu, tepung maizena, dan tepung bumbu. Ada pula tahapan melumuri jamur dengan kocokan telur dan beberapa jenis rempah halus. Pokoknya waktu membuat jamur crispy itu, dapur saya penuh wadah dan serakan tepung! Heboh pokoknya! 😀

Kriuk...kriuk...nyam!

Kriuk…kriuk…nyam!

Syukurlah, rasa yang didapat sepadan. Enak pake banget! Pengen bikin lagi tapi sayangnya di tempat saya ini jamur tiram seperti itu termasuk langka. Pas cuma sekali itu saja saya menemukan itu di pasar. Itupun kata penjualnya kebetulan dia beli dari Padang Sidimpuan yang lebih “kota”. Hehehe… Karena jarang ada, saya beli 2 bungkus sekaligus. Satu saya goreng crispy, satu bungkus lagi saya masak Jamur Asam Siala Pedas. Hmmm…kayak apa sih rasanya?

Ya rasanya asam-asam pedas. Hehehe… Segar dan nikmat disantap saat musim hujan begini. Bahan dasarnya pasti kebanyakan sudah tahu ya. Ada cabai merah halus, bawang merah, lengkuas, jahe, kunyit dan asam siala. Nah, asam ini yang bikin rasanya maknyus. Saya kurang tahu namanya kalau di daerah lain, kecuali dapat info dari teman kalau dalam bahasa Sunda, asam siala ini disebut honje. Yang jelas, saya suka sekali kalau masak asam itu pakai asam siala ini. Buah asam yang bentuknya seperti buah sawit ini memang segar rasa asamnya.

Tak hanya olahan jamur, ikan mas gulai asam atau arsik ikan mas pun enak sekali dimasak dengan asam ini. Dibanding memakai asam potong atau asam belimbing, asam siala ini lebih cocok untuk memasak segala jenis gulai asam. Kalau kata Umak saya, masakan jadi lebih harum! Hehehe… Tapi kalau ternyata di daerah lain sulit mendapatkannya, tak apa juga pakai asam yang lain. Yang penting bukan asam jeruk ya.. 😀

Ini nih yang namanya asam siala..

Ini nih yang namanya asam siala..

Ada bahan khusus untuk memasak Jamur Asam Siala Pedas ini. Umak saya selalu tak lupa bilang, masukkan juga terong sebagai indikator apakah jamur itu jenis yang beracun atau tidak. Kalau terongnya masih keras padahal jamurnya sudah masak/lembut, berarti jamurnya beracun. Tapi kalau terongnya lembut setelah dimasak dengan jamur, berarti aman dikonsumsi.

Yah saya pikir tak heran kalau Umak saya bilang begitu. Bisa jadi karena zaman dulu belum ada budidaya jamur tiram yang aman dikonsumsi dan dipasarkan secara luas seperti sekarang. Tapi keberadaan terong itu justru jadi suatu keharusan yang membuat masakan jamur ini jadi lebih menggugah selera. Hehehe… kebetulan saya memang pecinta terong. Terong digoreng, dibakar, dikukus, atau dimasak seperti ini, hmmm…buat saya sama nikmatnya!

Penampakan setelah jadi..huehehe..

Penampakan setelah jadi..huehehe..

Nah, daripada kepanjangan ngobrol, ini nih resep lengkapnya…

Bahan-bahan:

Jamur tiram       1 bungkus kemasan (+/- 500 gr)

Terong hijau bulat           5 buah (atau sesuai selera, belah dua)

Bawang merah                  8 siung

Lengkuas             1 ruas jari

Jahe                       1 ruas jari

Kunyit                   ½ ruas jari

Asam siala           6 – 8 buah, digeprak

Cabai merah halus           1 – 2 sdm (atau sesuai selera)

Cabai merah bulat           4 buah

Tomat                   1 buah

Garam                  secukupnya

Air                    +/- 700 ml

Cara membuat:

Cuci bersih jamur tiram, tiriskan, lalu sisihkan. Haluskan bawang merah, lengkuas, jahe, dan kunyit, sisihkan. Iris panjang cabai merah bulat dan tomat atau iris sesuai selera. Panaskan air di wajan. Banyaknya air disesuaikan dengan banyaknya bahan yang nanti dimasukkan. Bila butuh lebih dari takaran yang ditentukan, boleh ditambah.

Masukkan semua bahan; bawang merah, lengkuas, jahe dan kunyit yang sudah dihaluskan, cabai merah halus, irisan cabai merah, asam siala. Tunggu hingga agak mendidih, lalu masukkan terong dan jamur. Taburkan garam dan cicip sedikit untuk mendapatkan rasa yang pas. Sesekali diaduk hingga matang. Masukkan irisan tomat setelah terong dan jamur cukup matang/lembut. Setelah terong dan jamur dirasa lembut, angkat dan sajikan hangat-hangat.

Hmmm…bagaimana? Tak sabar ingin mencoba? Yuk, kita ke dapur! 🙂

***

10 thoughts on “Hmmm…Nikmatnya Jamur Asam Siala Pedas

    • Iya, Mak..sebenernya pake baking soda juga, tp karna kemaren ga ada, ga pake baking soda juga udah kriuk kok.. 🙂 ga perlu tahan lama jg sih, Mak..belum sejam juga udah ludes..hihihi.. 😀

  1. Haduuuh jadi ngiler niih…itu yg penomenal memang honjenya mak…
    agak sulit juga di dapat di sini.
    Hmmm tp kebayang deh masakan yg segar2 dg bumbu yg sama..
    Bs juga pake daging atau ikan yaa

    • Haa..kali aja pake ikan atau daging lebih maknyus lagi ya, mak Opi..iyaa..honje emang agak susah dicari ya, mak..mungkin karna ga dari daerah asalnya. Kalo di tempatku ini sih gampang nyarinya, mak..hehe.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s